Home / KOLOM DOSEN / Af’al Al-Muqarabah Dalam Bahasa Arab

Af’al Al-Muqarabah Dalam Bahasa Arab

PENGAJARAN BAHASA ARAB DI FACEBOOK
تَعْلِيْمُ اللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ فِيْ الْفِيْسْبُوْك
Ahmad Thib Raya
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

AF’ĀL AL-MUQĀRABAH (أَفْعَالُ المقاربة) DI DALAM BAHASA ARAB

Mulai hari ini kita tinggalkan uraian mengenai af’aal al-syuru’, dan kita akan pindah kepada uraian mengenai af’āl al-muqārabah (أَفْعَالُ المقاربة). Af’āl al-muqārabah (أَفْعَالُ المقاربة) adalah sekelompok kata yang menunjukkan makna DEKAT/HAMPIR.

Af’āl al-muqārabah (أَفْعَالُ المقاربة) adalah kelompok kata yang berfungsi sama dengan kelompok-kelompok kara kerja sebelumnya, yaitu af’āl al-syurū’ (أفعال الشروع) dan af’āl al-rajā’ (أفعال الرجاء). Ketiga-tiganya sama-sama memiliki isim (subjek) dan khabar (predikatnya). Ini berarti bahwa kelompok-kelompok kata ini termasuk dalam kelompok kata kerja yang kurang (الأفعال الناقصة), yang kata kerja yang tidak memiliki fā’il (pelaku), dan tidak memiliki maf’ūl bih (objek).

Harus diingat bahwa isim (predikat) dari kata kerja ini terdiri atas kata benda yang tampak, yang terdapat dalam kalimat verbal dan kata ganti terdapat dalam kalimat nominal. Adapun khabarnya harus fi’il mudhāri’ (فعل مضارع).

Kata kerja yang termasuk di dalam kategori af’āl al-muqārabah (أَفْعَالُ المقاربة) hanya 3 macam, yaitu:

  1. Kata kerja كَادَ-يَكَادُ. Kata kerja ini terdiri atas bentuk lampau dan bentuk sekarang dan kedua-duanya dapat digunakan untuk menunjukkan makna dekat/hampir. Sedangkan bentuk amar (kata kerja perintah) tidak dapat digunakan.
  2. Kata kerja أَوْشَكَ – يُوْشِكُ. Kata kerja ini terdiri atas bentuk lampau dan bentuk sekarang dan kedua-duanya dapat digunakan untuk menunjukkan makna dekat/hampir. Sedangkan bentuk amar (kata kerja perintah) tidak dapat digunakan.
  3. Kata kerja كَرُبَ. Kata kerja hanya dalam bentuk lampau yang dapat digunakan untuk menunjukkan makna dekat/hampir. Sedangkan kata kerja bentuk sekarang dan bentuk perintah tidak dapat digunakan.

Semua kata kerja ini menunjukkan arti “dekat/hampir.” Yaitu menunjukkan dekat/hampir terjadinya suatu pekerjan. Seperti dalam contoh berikut: كَادَ الطَّالِبُ يَنْجَحُ فِيْ الاِمْتِحَانِ. Artinya: “Mahasiswa itu hampir lulus.” Makna dari kāalimat ini menunjukkan bahwa mahasiswa itu tidak lulus.

Selamat belajar semoga Anda sukses. Āmīn. Wallāhu a’lam bi al-shawāb. Jakarta-Kediaman Matraman, Minggu pagi, tanggal 12 Agustus 2018.

About Hasanudin, M.Pd

Admin Web PBA : Hasanudin, M.Pd. | Web : www.hasanudin.id

Check Also

Edukasi Kosmologi dalam Isra Mikraj Nabi

Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A.Dosen Pascasarjana FITK UIN Syarif Hidayatullah dan UMJ PENDUDUK Mekkah pernah heboh …

Tinggalkan Balasan