Home / KOLOM DOSEN / Amal Yang Sangat Disukai Allah

Amal Yang Sangat Disukai Allah

Amal Yang Sangat Disukai Allah
Oleh : Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A.
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ada banyak amal yang diperintahkan kepada kita untuk dikerjakan. Amal itu adalah merupakan pwerwujudan dari iman yang ada di dalam dada. Bertambah kuat kita melakukan amal itu, berarti iman kita di dalam dada bertambah kuat. Atau sebaliknya, iman yang kuat akan membawa kita untuk rajin melakukan amal. Dorongan iman yang kuat akan senantiasa mendorong seseorang untuk beramal lebih banyak.

Setiap makmin seharusnya melakukan amal yang baik, dan bahkan amal yang paling baik. Dia harus melakukannya dengan sempurna. Rasulullah pernah menyatakan bahwa di antara amal baik itu ada yang paling disukai dan dicintai oleh Allah. Hal ini seperti yang disebutkan di dalam sebuah hadisnya:

عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ: سَأَلْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَيُّ الْأَعْمَالِ أَحَبُّ إِلَى اللهِ؟ قَالَ: «الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا» قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ: «ثُمَّ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ» قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ: «ثُمَّ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللهِ». رواه مسلم

Dari Abdullah, ia berkata. Saya perbnah bertanya kepada Rasulullah. Amal apa yang paling disukai oleh Allah? Beliau menjawab: “Amal yang paling disukai oleh Allah adalah melaksanakan salat pada waktunya.” Aku bertanya lagi: “Kemudian amal apa lagi, ya Rasulallah? Beliau menjawab: “Berbuat baik kepada kedua orang tua.” Aku bertanya lagi: “Kemudian amal apa lagi, ya Rasulallah?” Beliau menjawab: “Berjihad di jalan Allah.” HR Muslim.
Ketiga amal yang disebutkan di atas bukanlah pilihan, atau memilih salah satu dari tiga amal. Tetapi, ketiga-tiganya harus ditunaikan. Penyebutan Rasulullah dengan 3 amal itu menunjukkan peringkat dari amal yang paling disukai Allah itu. Salat adalah amal yang menduduki peringkat pertama yang paling disukai Allah. Berbuat baik kepada orang tua menduduki peringkat kedua, dan berjihad di jalan Allah merupakan peringkat ketiga.

Artinya, setelah engkau mampu melaksanakan tepat pada waktu, lalau berbuat baiklah kepada kedua orang tuamu. Setelah itu engkau melakukan jihad di jalan Allah. Jika engkau telah melakukan 3 amal itu, maka engkau menjadi manusia yang sangat disukai oleh Allah.

Semoga pesan ini bermanfaat bagi kita. Aamiin. Wallaahu a’lam bi al-shawaab. Jakarta-Kediaman Matraman, Rabu pagi, tanggal 1 Agustus 2018.

About Hasanudin, M.Pd

Admin Web PBA : Hasanudin, M.Pd. | Web : www.hasanudin.id

Check Also

Edukasi Kosmologi dalam Isra Mikraj Nabi

Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A.Dosen Pascasarjana FITK UIN Syarif Hidayatullah dan UMJ PENDUDUK Mekkah pernah heboh …

Tinggalkan Balasan