Home / AKADEMIK / Diskusi Dosen Bersama Dosen Tamu dari Universitas Ain Syams Mesir

Diskusi Dosen Bersama Dosen Tamu dari Universitas Ain Syams Mesir

Diskusi dosen Pendidikan Bahasa Arab dengan dosen tabu Bahasa Arab dari Universitas Ain Syams Mesir : Prof. Dr. Wail Ali Assayyid. Diskusi yang berlangsung pada hari Kamis pukul 12.00-16.00 tersebut mengambil tema Metodologi Penelitian Bahasa Arab (مناهج البحث العلمي في اللغة العربية)

NOTULA DISKUSI DOSEN

JURUSAN PBA FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

 

Hari/Tanggal : Kamis, 12-09-2019, Waktu : Pukul, 12.00-16.00, Tempat/Ruangan : Ruang Dosen Prodi PBA, Jenis Kegiatan : Diskusi Dosen PBA FITK, Agenda Diskusi : Metodologi Penelitian Ilmiah & Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Narasumber: Prof. Dr. Wail Ali As-Sayyid, Moderator: Toto Edidarmo, M.A. Peserta :

  1. Prof. Dr. Aziz Fachrurozi, M.A.
  2. Dr. Muhbib, M.Ag
  3. Zainal Muttaqin, M.A.
  4. Toto Edidarmo, M.A.
  5. Drs. Syamsul Arifin, M.Pd.
  6. Maswani, M.A.
  7. Lalah Alawiyah, M.A.
  8. Dr. Erba Rozaliana, M.A.
  9. Beberapa dosen dari prodi Magister

Pelaksanaan Diskusi

Sebelum diskusi, narasumber, Prof. Dr. Wa’il Ali Assayyid, dipersilahkan untuk mengenalkan diri dengan Bahasa Arab. Beliau asli orang Mesir dan menjadi guru besar di Universitas Ain Syams, Kairo, Mesir.

Setelah Prof. Wa’il memperkenalkan diri, para dosen PBA juga diminta untuk memperkenalkan diri dengan menggunakan Bahasa Arab. Secara umum, para dosen memperkenalkan latar belakang pendidikannya, mata pelajaran yang diampunya, bidang penelitian yang menjadi minatnya, dan topik penelitian apa yang sedang digelutinya. Selain itu, mereka juga mengucapkan selamat datang kepada Prof. Wa’il sebagai visiting profesor di FITK, khususnya di jurusan Pendidikan Bahasa Arab.

 Pertanyaan dalam Diskusi

 Aziz

  1. Bagaimanakah mengatasi mahasiswa yang motivasinya rendah dalam belajar Bahasa Arab, padahal mereka adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab?
  2. Apakah dimungkinkan adanya kerja sama dengan universitas ‘Ain Syam untuk pertukaran mahasiswa dan dosen?

Lalah Alawiyah

  1. Bagaimanakah mengatasi problem kelas Bahasa Arab degan latar belakang pendidikan mahasiswa yang beragam?

Toto Edidarmo

  1. Bagaimana tren penelitian Bahasa Arab (pendidikan, linguistik teoretik, linguistik terapan) di Mesir saat ini?
  2. Bagaimanakah pendapat Prof. Wail tentang penerjemahan Al-Quran ke dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Asing di dunia?
  3. Apakah topik penerjemahan Al-Quran termasuk topik yang diminati di Mesir?                     

Muhbib

  1. Bagaimana cara efektif untuk meningkatkan produktivitas maharah kalam dan kitabah mahasiswa PBA FITK?

Zainal

  1. Bagaimana cara efektif untuk menciptakan bi’ah lughawiyyah untuk mahasiswa PBA FITK?

Maswani

  1. Saya sedang menulis proposal tentang Pengajaran Bahasa Arab Qur’ani yang bukunya disusun oleh Prof. Dr. Hidayat. Apakah Prof. Wa’il bersedia memberikan catatan dan komentar atau koreksi?

Erba Rozaliana

  1. Apakah perbedaan psikologis individu bisa mempengaruhi perkembangan pemerolehan Bahasa Arab pada anak/peserta didik?

 

Jawaban Prof. Wa’il adalah sebagai berikut

Untuk Prof. Aziz Fakhrurozi

  • Cara mengatasi mahasiswa yang motivasinya rendah dalam belajar Bahasa Arab adalah dengan mengingatkan tentang keistimewaan Bahasa Arab bagi orang yang mempelajarinya.
  • Kerjasama dengan universitas ‘Ain Syam sangat mungkin dilakukan karena Univ. Ain Syams punya program pembelajaran Bahasa Arab untuk orang asing. Visiting dosen dan student changes juga dimungkinkan. Silakan ajukan MoU.

 

Untuk Ibu Lalah Alawiyah, M.A.

  • Cara mengatasi problem kelas Bahasa Arab yang memiliki latar belakang pendidikan mahasiswa yang beragam adalah dengan pengelompokan (tashnif) dan peningkatan kesetaraan kemampuan Bahasa.

 

Untuk Toto Edidarmo, M.A.

  • Tren penelitian Bahasa Arab di Mesir saat ini sangat beragam, seperti teknologi pendidikan, teori linguistik, dan linguistik terapan.
  • Saya berpendapat bahwa penerjemahan Al-Quran ke dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Asing lainnya sulit menemukan kesetaraan. Sebab, Bahasa Al-Quran memiliki nilai sastra yang unggul dan kemukjizatan yang sulit tertandingi.
  • Topik penerjemahan Al-Quran termasuk topik yang diminati di Mesir, seperti yang dilakukan oleh Ibrahim Anis dan sarjana lainnya.

 

Untuk Dr. Muhbib, M.Ag.

  • Cara efektif untuk meningkatkan produktivitas maharah kalam dan kitabah mahasiswa PBA FITK adalah dengan meningkatkan kalam dan kitabah Bahasa Arab para dosen serta dalam praktik pembelajaran di kelas.

 

Untuk Ibu Maswani, M.A.

  • Ya, saya bersedia memberikan catatan untuk proposal Saudari tentang Pengajaran Bahasa Arab Qur’ani yang bukunya disusun oleh Prof. Dr. Hidayat.

Untuk Ibu Erba Rozaliana

  • Ya, perbedaan psikologis individu dapat mempengaruhi perkembangan pemerolehan Bahasa Arab pada anak/peserta didik.

 

Kesimpulan diskusi

  1. Upayakan menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa pengantar perkuliahan, khususnya untuk Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, agar mahasiswa menjadi terbiasa mendengar dan berbicara dalam Bahasa Arab.
  2. Mengajarkan keterampilan menulis, dimulai dari kegiatan-kegiatan sehari-hari, atau mendeskripsikan lingkungan sekitar. Jangan membebani mahasiswa dengan kegiatan yang meyulitkan mereka.
  3. Dimungkinkan untuk kerjasama visiting dosen di Universitas ‘Ain al-Syams dengan Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

About Hasanudin, M.Pd

Admin Web PBA : Hasanudin, M.Pd. | Web : www.hasanudin.id

Check Also

Jadwal Ujian Skripsi 5 Maret 2020

Jadwal Ujian Skripsi 5 Maret 2020 PBA UIN Jakarta akan menyelenggarakan ujian skripsi pada hari Kamis, …