Home / KOLOM DOSEN / Kata Kerja Yang Menunjukkan Makna Harapan (أفعال الرجاء)

Kata Kerja Yang Menunjukkan Makna Harapan (أفعال الرجاء)

KATA KERJA YANG MENUNJUKKAN MAKNA HARAPAN (أَفْعَالُ الرَّجَاءِ)
Oleh : Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A.
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

 

Kelompok أفعال الرجاء (kata kerja yang menunjukkan makna harapan) termasuk kategori kata kerja أفعال المقاربة. Semua kata yang termasuk dalam kategori ini termasuk kategori kata kerja yang kurang (الأفعال الناقصة). Yang dimaksud dengan KATA KERJA YANG KURANG itu adalah kata kerja yang tidak memiliki fa’il (pelaku), tetapi memiliki isim (subjek) dan khabarnya (predikatnya). Kata kerja dalam kelompok ini termasuk kata KERJA YANG MEMBATALKAN (الأفعال الناسخة), yaitu yang membatalkan fungsi mubtada’ dan khabar.

Bandingkan tiga pola kalimat berikut:

  1. Kalimat yang terdiri atas mubtada’ dan khabar: الطَّالِبُ يَنْجَحُ. Artinya: Mahasiswa itu lulus. Kata الطالب adalah mubtada’ (subjek). Kata ينجح adalah khabar mubtada’ (predikat). Kalimat ini jika dimasuki oleh salah satu dari kata kerja أفعال الرجاء, maka kedudukannya berubah. Kata الطالب menjadi ism kata kerja أفعال الرجاء, dan kata kerja يَنْجَحُ menjadi khabar kata kerja أفعال الرجاء.
  2. Kalimat yang asalnya terdiri atas mubtada’ dan khabar, dimasuki oleh kata kerja dari kelompok أفعال الرجاء: عَسَى الطَّالِبُ أَنْ يَنْجَحَ. Artinya: “Mudah-mudahan mahasiswa itu lulus.” Kata عسى adalah kata kerja dari kelompok أفعال الرجاء, yang membutuhkan isim (subjek) dan khabar (predikat). Kata الطالب adalah isim (subjek) kata kerja عسى, bukan fa’il (pelakunya). Kata أن ينجح adalah khbarnya (predikatnya). Kata kerja عسى di sini berfungsi sebagai kata kerja yang kurang (الناقصة), karena tidak memiliki fa’il (pelaku).
  3. Kalimat yang asalnya terdiri atas mubtada’ dan khabar, dimasuki oleh kata kerja dari kelompok أفعال الرجاء: عَسَى الطَّالِبُ أَنْ يَنْجَحَ. Artinya: “Mudah-mudahan mahasiswa itu lulus.” Kata عسى adalah kata kerja dari kelompok أفعال الرجاء, yang membutuhkan isim (subjek) dan khabar (predikat). Kata الطالب adalah isim (subjek) kata kerja عسى, bukan fa’il (pelakunya). Kata أن ينجح adalah khabarnya (predikatnya). Kata kerja عسى di sini berfungsi sebagai kata kerja yang membatalkan fungsi mubtada’ dan khabar (الناسخة), karena membatalkan fungsi mubtada’ dan khabar.

Selamat belajar semoga Anda sukses. Aamiin. Wallaahu a’lam bi al-shawaab. Aamiin. Wallaahu a’lam bi al-shawaab.

 

Jakarta-Kediaman Matraman, Kamis pagi, tanggal 2 Agustus 2018.

About Hasanudin, M.Pd

Admin Web PBA : Hasanudin, M.Pd. | Web : www.hasanudin.id

Check Also

Edukasi Kosmologi dalam Isra Mikraj Nabi

Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A.Dosen Pascasarjana FITK UIN Syarif Hidayatullah dan UMJ PENDUDUK Mekkah pernah heboh …

Tinggalkan Balasan