Home / KOLOM DOSEN / Kurban Menurut Islam (10)

Kurban Menurut Islam (10)

KURBAN MENURUT ISLAM (10)
SYARAT SAHNYA BERKURBAN
Oleh : Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, M.A.
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan oleh seseorang yang berniat kurban, sehingga hewan kurbannya itu dipandang sah (benar). Para ulama menjleaskan beberapa syarat sah dari hewan yang dikurbankan itu, yaitu:

  1. Hewan kurban itu harus sehat. Bahwa hewan yang dikurbankan sehat dari segala macam penyakit penyakit fisik. Hewan itu juga aman dari segala penyakit, sehingga daging hewan tu tidak berkurang dan tidak membahayakan bagi yang memakannya. Ketika membeli hewan yang dikurbankan itu, pilihlah hewan yang sehat.
  2. Hewan itu dikurbankan pada waktu yang telah ditentukan, yaitu mulai dari tanggal 10 Zulhijjah hingga tanggal 13 Zulhijjah, pada siang hari atau malam hari. Hewan yang dikurbankan pada malam Idul Adha dan pada malam tanggal 14 Zulhijjah dipandang tidak sah. Ini berarti bahwa hewan yang disembelih itu dipandang sah apabila dikurbankan mulai pada pagi hari tanggal 10 Zulhijjah hingga sore hari pada tanggal 13 Zulhijjah.
  3. Yang menyembelih hewan kurban itu haruslah seorang muslim, bukan kafir, termasuk ahli kitab. Ini menurut golongan Malikiyyah. Menurut ulama-ulama lain selain golongan Malikiyyah, yang melakukan sembelih kurban itu boleh dilakukan oleh seorang muslim, dan makruh hukumnya disembelih oleh ahli kitab.
  4. Hewan yang dikurbankan bukanh hewan yang dibeli secara patunga, misalnya, seekor kambing yang dibeli secara patungan. Menurut golongan Malikiyyah, hewan yang dikurbankan itu sah apabila hewan dibeli perorangan. Kecuali hewan-hewan yang besar, seperti unta, kerbau, dan sapi dapat dibeli secara patungan oleh tujuh orang.

Semoga pesan ini bermanfaat bagi kita. Āmīn. Wallāhu a’lam bi al-shawāb. Kotabaru-Kalimantan Selatan, Hotel Grand Surya, Rabu pagi, tanggl 15 Agustus 2018.

About Hasanudin, M.Pd

Admin Web PBA : Hasanudin, M.Pd. | Web : www.hasanudin.id

Check Also

Edukasi Kosmologi dalam Isra Mikraj Nabi

Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A.Dosen Pascasarjana FITK UIN Syarif Hidayatullah dan UMJ PENDUDUK Mekkah pernah heboh …

Tinggalkan Balasan