Home / KOLOM DOSEN / Kurban Menurut Islam (12)

Kurban Menurut Islam (12)

KURBAN MENURUT ISLAM (12)
HUKUM BERKURBAN BAGI ANAK-ANAK
Oleh : Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, M.A.
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Tentang hukum kurban bagi anak-anak, terdapat perbedaan pendapat para ulama. Golongan Hanfiyyah, menyatakan bahwa mengurbankan hewan bagi anak-anak hukumnya wajib, jika biaya kurban itu diambil dari hartanya sendiri, sebagaimana diwajibkan bagi orang-orang dewasa. Kurban hewan bagi anak anak diperbolehkan atau disunnatkan untuk dilakukan oleh ayahnya. Artinya ada kewajiban berkurban bagi anaknya jika menggunakan harta anak itu sendiri. Anak yang berkurban itu boleh meamakn daging hewan kurbannya, sebagai diperbolehkannya bagi orang-orang dewasa.
Ada juga ulama yang berpendapat bahwa hukum berkurban bagi anak-anak adalah sunat karena belum sampai umur untuk diwajibkannya berkurban. Jika seorang anak kecil ingin berkurban, dia boleh, tetapi hukumnya sunnat, bukan wajib. Tidak ada kewajiban dari orang untuk melakukan kurban hewan untuk anaknya yang masih kecil. Hukum berkurban bagi anak-anak berbeda dengan hukum zakat fitri. Bagi anak-naka berzakat fitri adalah wajib.

Bagi ulama yang lain dari kalangan golongan Malikiyyah berpendapat bahwa berkurban bagi anak hukumnya sunnat. Artinya, jika seorang anak kecil berkurban, maka diberikan pahala oleh Allah atas amal kurbannya itu. Sedangkan golongan Syafi’iyyah dan hanabilah menyatakan tidak disunnatkan berkurban bagi anak-anak. Artinya, seorang anak yang berkurban belum disunnatkan untuk berkurban.

Dari uraian ini dapat disimpukkan bahwa seorang anak wajib berkurban dengan menggunakan hartanya sendiri. Tetapi sunnat hukumnya apabila menggunakan harta walinya menurut golongan Hanafiyyah dan Malikiyyah, sedangkan menurut golongan Syafi’iyyah dan Hanabilah hukumnya sunnat.

Semoga pesan ini bermanfaat bagi kita. Āmīn. Wallāhu a’lam bi al-shawāb. Jakarta-Kediaman Matraman, Minggu subuh, tanggl 19 Agustus 2018.

About Hasanudin, M.Pd

Admin Web PBA : Hasanudin, M.Pd. | Web : www.hasanudin.id

Check Also

Edukasi Kosmologi dalam Isra Mikraj Nabi

Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A.Dosen Pascasarjana FITK UIN Syarif Hidayatullah dan UMJ PENDUDUK Mekkah pernah heboh …

Tinggalkan Balasan