Home / KOLOM DOSEN / Kurban Menurut Islam (6)

Kurban Menurut Islam (6)

KURBAN MENURUT ISLAM (6)
PENJABARAN HUKUM BERKURBAN
Ahmad Thib Raya
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Dalam uraian kemarin disebutkan bahwa hukum berkurban itu adalah wajib. Kewajiban berkurban berlaku bagi semua orang yang muqim (tidak melakukan safar), yang memiliki kemampuan untuk itu setiap tahun. Ini berarrti bahwa setiap yang mukim dan mampu wajib berkurban setiap tahun.

Ulama lain yang menyatakan bahwa berkurban itu hukumnya sunnat mu’akkad. Ini berlaku bagi siapa saja yang memiliki kemampuan untuk itu. Makruh hukumnya jika kurban itu ditinggalkan oleh orng-orang yang mampu. Bagi Golongan Malakikiyyah hukum sunnat muakkad juga berlaku bagi mereka yang tidak sedang melakukan ibadah haji. Menurut golongan ini, yang paling baik atau paling sempurna ialah seseorang yang mampu dapat melakukan kurban bagi dirinya satu hewan kurban. Jika seseorang ingin melakukan kurban dengan satu hewan untuk semua anggota keluarganya, diperbolehkan.

Adapun bagi golongan Syafiiyyah bahwa berkurban itu hukumnya sunnat aini (perorangan) sekali seumur hidup, dan sunnat kifayah bagi seseorang yang memiliki banyak anggota keluarga. Ini berarti bahwa jika ada seorang dari anggota keluarga yang ada di dalam rumah melakukan kurban, maka hal dipandang cukup oleh golongan Syafi’iyyah, dan kurbannya itu cukup untuk semua keluarga. Dari pendapat Syafi’iyyah itu, dapat disimpulkan bahwa satu hewan kurban yang disembelih pada hari kurban itu, sudah cukup untuk semua keluarga. (lihat secara lengkap pndapat para Imam ulama dalam Kitab al-Fiqh al-Islamiy wa Adillatuhu, halaman 2704).

Dari uraian-uraian tentang hukum kurban itu, saya berpendapat bahwa hukum kurban itu adalah sunnat bagi setiap orang yang mampu. Karena kurban itu adalah sebuah sedekah dagng kepada orang-orang miskin. Bertambah banyak kita bersedekah, bertambah baik. Kalau bisa, dan kita mampu, berkurban hewan lebih dari satu untu diri kita adalah lebih baik.

Sekian dulu untuk hari ini. Semoga pesan ini bermanfaat bagi kita. Aamiin. Wallaahu a’lam bi al-shawaab. Kota Solo-Hotel Sunan, Sabtu pagi, tanggl 11 Agustus 2018.

About Hasanudin, M.Pd

Admin Web PBA : Hasanudin, M.Pd. | Web : www.hasanudin.id

Check Also

Edukasi Kosmologi dalam Isra Mikraj Nabi

Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A.Dosen Pascasarjana FITK UIN Syarif Hidayatullah dan UMJ PENDUDUK Mekkah pernah heboh …

Tinggalkan Balasan