Home / KOLOM DOSEN / Kurban Menurut Islam (9)

Kurban Menurut Islam (9)

KURBAN MENURUT ISLAM (9)
SYARAT BERKURBAN (3)
Oleh : Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A.
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Kemarin sudah dijelaskan bahwa ada ulama yang berpendapat bahwa berkurban hukumnya wajib, dan ada pula yang berpendapat bahwa hukumnya sunnat. Terkait dengan kedua hokum kurban itu, ulama telah menetapkan syarat wajib dan syarat sunat berkurban.

Syarat wajib berkurban menurut golongan Hanafiyah ialah seseorang yang mampu, yaitu memiliki harta lebih dari nisab zakat hartanya. Yaitu seseorang yang sudah memiliki kelebihan dari biaya sandang, pangan, dan beanja untuk keluarganya. Seseorang yang sudah memiliki harta sekian banyak sudah wajib berkurban.

Menurut golongan Malikiyyah, bahwa syarat bagi seseorang yang akan berkurban ialah orang yang memiliki kelebihan harta, yang jika harta itu digunkan untuk berkurban, tidak menyebabkan dia merasa sangat membutuhkan. Artinya, orang itu memeiliki kelebihan harta yang tidak dibutuhkannya pada saat darurat. Jika dia merasa berkemampuan, dia boleh berutang untuk itu, dan hutangnya mampu dia bayar.

Menurut golongan Syafi’iyyah, bahwa seseorang itu disunnatkan kurban apabila dia memiliki nharta yang cukup untuk membeli hewan dan untuk kebutuhan hidupnya da kebutuhan hidup keluarga pada hari-hari tasyriq itu.

Menurut golongan Hanabilah bahwa seseorang boleh berkurban apabila dia bias mendapatkan uang seharga hewan kurban itu, walau dia harus berutang untuk itu, dan dia mampu membayar utangnya.

Dari pandangan-pandangan ulama di atas dapat disimpulkan bahwa seseorang wajib berkurban, atau sunnat berkurban apabila dia memiliki harta yang dapat digunakan untuk membeli hewan kurban, lebih dari biaya hidup untuk dirinya dan keluarganya. Mereka yang tidak memiliki harta sejumlah demikian, maka tidak wajib atau tidak sunnat baginya berkurban. Seseorang boleh berutang untuk membeli hewan kurban, sepanjang dia mampu membayar utangnya itu.

Semoga pesan ini bermanfaat bagi kita. Āmīn. Wallāhu a’lam bi al-shawāb. Kotabaru, Hotel Grand Urya, Selasa pagi, tanggl 14 Agustus 2018.

About Hasanudin, M.Pd

Admin Web PBA : Hasanudin, M.Pd. | Web : www.hasanudin.id

Check Also

Edukasi Kosmologi dalam Isra Mikraj Nabi

Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A.Dosen Pascasarjana FITK UIN Syarif Hidayatullah dan UMJ PENDUDUK Mekkah pernah heboh …

Tinggalkan Balasan