Home / AKADEMIK / Kurikulum PBA UIN Jakarta

Kurikulum PBA UIN Jakarta

Kurikulum

Sejak tahun akademik 2004/2005 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang implementasinya menggunakan model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kemudian pada tahun akademik 2014/2015 mulai diterapkan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di seluruh program studi, termasuk Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Penerapan KKNI ini merupakan amanah Permendikbud RI Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Melalui kurikulum berbasis KKNI, program studi PBA merumuskan outcome secara distingtif yang membedakan dengan program studi yang lain yang kemudian dikejawantahkan menjadi Program Learning Outcomes (PLO). Selanjutnya, Program Learning Outcomes diturunkan lebih lanjut ke dalam distribusi mata kuliah dalam tiap semester dan dirancang dalam masa studi dalam bentuk matrik. Melalui matrik mata kuliah, diharapkan publik lebih mudah untuk memahami hubungan vertikal antara seluruh mata kuliah dengan visi, misi, dan tujuan program studi. Publik juga dapat dengan mudah juga memahami keterkaitan sekuensial antara mata kuliah yang diberikan pada semester pertama hingga semester terakhir. Struktur kurikulum program studi PBA sekurangkurangnya meliputi domain sikap, pengetahuan, dan ketrampilan dengan mempertimbangan pembentukan pembiasaan belajar seumur hidup.

Penajaman lebih lanjut mata kuliah yang berupa dokumen silabus dan SAP didiskusikan lebih lanjut dalam konsorsium bidang ilmu pendidikan dan kebahasaaraban yang ada di UIN Jakarta dengan melibatkan asosiasi profesi pengajar bahasa Arab. Dengan mengacu pada KKNI, pengelompokan mata kuliah didasarkan outcome yang diharapkan untuk membentuk sikap (attitude), pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skills), dan life a long learning.

Kelengkapan dan Perumusan Kompetensi dalam Kurikulum

Rumusan kompetensi dalam kurikulum Prodi PBA didesain berdasarkan profil lulusan Prodi PBA, yaitu menjadi pendidik mata pelajaran Bahasa Arab pada sekolah atau madrasah yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya dan berkemampuan dalam melaksanakan tugas serta bertanggungjawab berlandaskan etika keislaman, keilmuan, dan profesi.

Kompetensi Utama Lulusan

Dalam rangka mewujudkan profil lulusan tersebut di atas, dirumuskan Deskripsi Spesifik kualifikasi lulusan Prodi PBA Program Sarjana dengan mengacu pada deskripsi rumusan jenjang 6 pada KKNI. Deskripsi Spesifik kualifikasi lulusan ini dapat disetarakan dengan istilah Kompetensi Utama Lulusan seperti yang termaktub dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.

Deskripsi Kualifikasi Level 6 Jenjang Sarjana (S1)

Deskripsi generik level 6 (paragraf pertama)
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

Deskripsi Spesifik

  1. Mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran dalam penyusunan perangkat, pelaksanakan dan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Mampu memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah.
  3. Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah.

Deskripsi generik level 6 (paragraf kedua)
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara prosedural

Deskripsi Spesifik :

  1. Menguasai konsep-konsep teoretik dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak dalam mengembangkan potensi kebahasaaraban peserta didik untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan.
  2. Menguasai substansi kajian bahasa Arab secara luas, mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan
  3. Menguasai teori-teori pembelajaran Bahasa Arab dan mampu memformulasi-kannya secara prosedural dalam pembelajaran Bahasa Arab.
  4. Menguasai konsep integrasi keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran Bahasa Arab.
  5. Menguasai konsep kepemimpinan pendidikan dalam rangka menggerakkan dan membudayakan, dan mempraktekkan bahasa Arab peserta didik di sekolah/ madrasah.

Deskripsi generik level 6 (paragraf ketiga)
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

Deskripsi spesifik :

  1. Mampu mengambil keputusan yang tepat dan strategis dalam pembelajaran Bahasa Arab di sekolah/madrasah berdasarkan analisis informasi dan data serta hasil penelitian.
  2. Mampu memberikan petunjuk dan langkah-langkah pemecahan berbagai masalah Bahasa Arab secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil pembelajaran yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan prilaku keagamaan peserta didik.
  3. Mampu memetakan wacana dan fenomena kebahasaan (bahasa Arab) serta isu-isu kontemporer dalam Bahasa Arab untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Deskripsi generik level 6 (paragraf keempat)
Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Deskripsi spesifik :

  1. Bertanggungjawab dan dapat diberi tanggungjawab terhadap pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab yang efektif, produktif, bermakna, dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dalam masyarakat multi bahasa baik secara mandiri maupun dengan kemitraan.
  2. Mampu menyesuaikan diri secara tepat dalam menjalankan tugas pembelajaran Bahasa Arab dengan dilandasi oleh kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia secara mandiri dan dengan percaya diri.

About Hasanudin, M.Pd

Admin Web PBA : Hasanudin, M.Pd. | Web : www.hasanudin.id

Check Also

Jadwal Ujian Skripsi 5 Maret 2020

Jadwal Ujian Skripsi 5 Maret 2020 PBA UIN Jakarta akan menyelenggarakan ujian skripsi pada hari Kamis, …