Home / KOLOM DOSEN / Perbandingan Uraian Kata-Kata Kerja Yang Menunjukkan Makna Harapan (أَفْعَالُ الرَّجَاءِ)

Perbandingan Uraian Kata-Kata Kerja Yang Menunjukkan Makna Harapan (أَفْعَالُ الرَّجَاءِ)

Perbandingan Uraian Kata-Kata Kerja Yang Menunjukkan Makna Harapan (أَفْعَالُ الرَّجَاءِ)
Di Dalam Kalimat Verbal Dan Kalimat Nominal

Oleh : Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A.
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Mari kita perhatikan contoh-contoh dan uraiannya dalam kalimat berikut. Kalimat nomor ganjil adalah kalimat verbal (جملة فعلية) dan kalimat yang nomornya genap adalah kalimat nominal (جملة اسمية).

1. Kalimat: عَسَى الطَّالِبُ أَنْ يَنْجَحَ.
Kata عسى adalah فعل ماض مبني على فتحة مقدرة على الألف. Kata الطَّالِبُ adalah اسم عسى مرفوع بالضمة. Kata أن adalah حرف نصب. Kata ينجح adalah فعل مضارع منصوب بالفتحة منصوب بأن. Kata yang menjadi fa’ilnya adalah kata ganti هو yang tersembunyi di dalamnya. Gabungan antara kata kerja dan fa’ilnya itu adalah khbar dari kara kerja عسى.

2. Kalimat: الطَّالِبُ عَسَى أَنْ يَنْجَحَ.
Kata الطَّالِبُ adalah مبتدا مرفوع بالضمة. Kata عسى adalah فعل ماض مبني على فتحة مقدرة على الألف. Kata yang menjadi isim dari kata عسى adalah kata ganti هو yang tersembunyi di dalam kata kerja عسى. Kata أن adalah حرف نصب. Kata ينجح adalah فعل مضارع منصوب بالفتحة منصوب بأن. Kata yang menjadi fa’ilnya adalah kata ganti هو yang tersembunyi di dalamnya. Gabungan antara kata kerja dan fa’ilnya itu adalah khabr dari kara kerja عسى. Lalu gabungan antara kata عسى, isimnya dan khabrnya menjadi khabr mubtada’, atau khabr dari kata الطالب.

Selamat belajar semoga Anda sukses. Aamiin. Wallaahu a’lam bi al-shawaab. Aamiin. Wallaahu a’lam bi al-shawaab. Jakarta-Kediaman Matraman, Sabtu pagi, tanggal 4 Agustus 2018.

About Hasanudin, M.Pd

Admin Web PBA : Hasanudin, M.Pd. | Web : www.hasanudin.id

Check Also

Edukasi Kosmologi dalam Isra Mikraj Nabi

Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A.Dosen Pascasarjana FITK UIN Syarif Hidayatullah dan UMJ PENDUDUK Mekkah pernah heboh …

Tinggalkan Balasan