Home / KOLOM DOSEN / Perbanyaklah Membaca Salawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Perbanyaklah Membaca Salawat Kepada Nabi Muhammad SAW

PERBANYAKLAH MEMBACA SALAWAT KEPADA NABI MUHAMMAD SAW 
Oleh : Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, M.A.
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Salawat kepada Rasulullah adalah memohonkan doa untuk beliau. Allah dan para malaikat bersalawat kepada Nabi dank arena itu kita pun sebagai umatnya diperintahkan oleh Allah membacakan salawt untuk beliau. Membaca salwat adalah perubuatan yang ringan dilakukan, tetapi besar manfaatnya bagi pembacanya.

Rasulullah pernah menyatakan: “Barangsiapa yang membawakan salwat kepadaku satu kali, maka Allah akan memberikan keselamatan kepadanya 10 kali lipat.” Oleh sebab, bertambah banyak kita bersalawat kepada nabi, bartmabah banyak pula keselamatan yang diberikan Allah kepada kita.

Imam Syafi’I rahimahullah pernah menyampaikan sebuah riwayat tentang keutamaan membaca salawat pada hari Jumat. Riwayat yang beliau sampaikan adalah sebagai berikut:

“Imam Syafi’I berkata, bahwa telah sampai kepada kami sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Aufa, yang menyatakan bahwa Rasulullah saw telah bersabda: “Perbanyaklah bersalawat kepadaku pada hari Jumat, sesungguhnya salawat itu sampai kepadaku dan aku mendengarnya. Beliau berkata lagi: “Perbanyaklah bersedekah pada hari itu. Tidak ada satu dari sesuatu yang tidak memiliki yang telah diciptakan oleh Allah di antara langit dan bumi ini, kecuali dia bersujud kepada Allah pada kamis malam, malam Jumat Apabila mereka sampai pada pagi hari, maka tidak ada bagi mereka yang memiliki ruh kecuali ruhnya, yaitu suatu ruh yang ada di dalam tenggorokannya karena takut akan terbenamnya matahari. Apabila matahari telah terbenam, maka semua binatang yang melata akan menjadi aman. Segala sesuatu akan takut kepadanya keculai manusia dan jin. Selanjutnya Imam Syafi’I berkata bahwa telah sampai kepada kami sebuah Rasulullah yang menyatakan bahwa “Orang yang paling dekatku kepadaku di surge nanti adalah orang paling banyak membacakan salawat untukku. Oleh sebab itu, perbanyaklah membaca salawat kepadaku pada malam Jumat yang mulia dan pada hari Jumat yang cemerlang itu.

Pesan Imam Syafi’i yang berdasarkan hadis Rasulullah di atas menunjukkan perlunya kita memperbanyak mengucapkan dan membacakan salawat untuk Rasulullah. Ketika di dunia ini, kita diberikan keselamatan yang banyak dengan memperbanyak salawat itu, dan di Surga kelak kita menjadi manusia yang paling dekat kepada Rasulullah.

Semoga kita mampu mewujudkannya. Semoga pesan ini bermanfaat bagi kita. Aamiin. Wallaahu a’lam bi al-shawaab. Jakarta-Kediaman Matraman, Ahad pagi, tanggl 5 Agustus 2018.

About Hasanudin, M.Pd

Admin Web PBA : Hasanudin, M.Pd. | Web : www.hasanudin.id

Check Also

Edukasi Kosmologi dalam Isra Mikraj Nabi

Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A.Dosen Pascasarjana FITK UIN Syarif Hidayatullah dan UMJ PENDUDUK Mekkah pernah heboh …

Tinggalkan Balasan